Struktur Kurikulum
Struktur
kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh
peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada
setiap mata pelajaran dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta
didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur. Kompetensi
yasng dimaksud terdiri dari Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)
yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).
Struktur kurikulum Mata Pelajaran
1.
Komponen Mata Pelajaran
Komponen mata pelajaran dikelompokkan sebagai berikut:
-
Kelompok mata pelajaran agama dan ahklak mulia;
-
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan
kepribadian;
-
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
-
Kelompok mata pelajaran estetika;
-
Kelompok mata pelajaran kesehatan jasmani, dan olahraga.
2.
Komponen Muatan Lokal
3.
Komponen Pengembangan Diri dan Pendidikan Karakter
Bangsa.
Pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum.
-
Struktur kurikulum SD meliputi substansi
pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai
kelas I sampai dengan kelas VI.
-
Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar
kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.
Tabel 1 Struktur Kurikulum
Kompetensi
|
Kelas dan Alokasi
Waktu
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
A
|
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Agama
|
TEMATIK
|
3
|
3
|
3
|
||
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
|||
|
3. Bahasa Indonesia
|
5
|
5
|
5
|
|||
|
4. Matematika
|
5
|
5
|
5
|
|||
|
5. Ilmu Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
4
|
|||
|
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
3
|
3
|
3
|
|||
|
7. Seni Budaya dan Keterampilan
|
4
|
4
|
4
|
|||
|
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
|
4
|
4
|
4
|
|||
B
|
Muatan Lokal
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Bahasa Jawa
|
TEMATIK
|
2
|
2
|
2
|
||
|
2. Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
|||
|
3. Pertanian
|
2
|
2
|
2
|
|||
C
|
Pengembangan Diri
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
|
1. Kepramukaan
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Olahraga
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Kesenian
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Bimbingan dan Konseling
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
30
|
31
|
34
|
36
|
36
|
36
|
Keterangan
*) ekuivalen 2 jam pembelajaran
a.
Penambahan jam pelajaran sejumlah 4 jam diperuntukan
bagi Kelas IV : Matematika 1 jam, IPS 1 jam, TIK 2 jam. Kelas IV-VI : Bahasa
Inggris 2 jam, TIK 2 jam pembelajaran. Alasan penambahan 4 jam adalah karena
materi pembelajaran mata pelajaran tersebut sangat banyak, diharapkan dengan
penambahan jam tersebut materi pembelajaran dapat terserap semua dan kedalaman
materinya benar-benar dapat dikuasai.
Tabel 2 : Muatan Kurikulum Mata Pelajaran
Mata Pelajaran Agama Islam
Tujuan
|
Ruang Lingkup
|
Metode
|
Penilain
|
1.
Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian,
pemupukan dan pengembangan pengetahuan, penghayatan pengamalan, pembinaan
serta pengalaman peserta didik tentang agama islam sehingga menjadi manusia
muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
2.
Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan
berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas,
produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi, (tasamuh) menjaga
keharomisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam
komunitas sekolah.
|
Ruang lingkup pendidikan agama
islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.
Al-Qur’an dan Hadist
2.
Aqidah
3.
Akhlak
4.
Fikih
5.
Tarikh dan kebudayaan islam
Pendidikan agama islam
menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia
dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan
diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
|
Diskusi –
Informasi
Tanya jawab
Penugasan
Demontrasi
Praktek
|
Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan
Unjuk kerja
|
Mata Pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan
Tujuan
|
Ruang Lingkup
|
Metode
|
Penilain
|
Mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut:
1.
Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam
menanggapi isu kewarganegaraan
2.
Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab,
dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara, serta anti korupsi
3.
Berkembang secara positif dan demokratis untuk
membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup
bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
4.
Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam
pencaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi.
|
Mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut:
1.
Persatuan dan kesatuan bangsa meliputi : hidup rukun
dalam perbedaan, cinta lingkungan, kebanggan sebagai bangsa Indonesia. Supah Pemuda,
Kedaulatan NKRI, Keterbukaan dan jaminan keadilan.
2.
Norma hukum dan peraturan dan peraturan meliputi :
tertib dalam kehidupan keluarga, tata tertib di sekolah, norma yang berlaku
di masyarakat, peraturan-peraturan daerah, norma-norma dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara, Sistem hukum dan peradilan nasional, hukum dan peradilan internasional
3.
HAM meliputi : Hak dan kewajiban anak, Hak dan
kewahiban anggota masyarakat, instrument nasional dan internasional HAM,
pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM.
|
Diskusi
–
Informasi
Tanya
jawab
Penugasan
Kerja
Kelompok
|
Tes
tertulis
Tes
lisan
Pengamatan
Unjuk
kerja
Portopilio
|
Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia
Tujuan
|
Ruang Lingkup
|
Metode
|
Penilain
|
Mata pelajaran Bahasa Indonesia
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai
dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
2.
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia
sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara
3.
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya
dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4.
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan
kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5.
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk
memperluas budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
berbahasa.
6.
Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan
intelektual manusia Indonesia.
|
Ruang lingkup mata pelajaran bahasa
Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra uang
meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4.
Menulis
Pada akhir pendidikan di SD,
peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya sembilan buku sastra dan non
sastra. .
|
Diskusi
–
Informasi
Tanya
jawab
Penugasan
|
Tes
tertulis
Tes
lisan
Pengamatan
Portofolio
Unjuk
kerja
Produk
|
Mata Pelajaran
Matematika
Tujuan
|
Ruang Lingkup
|
Metode
|
Penilain
|
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut :
1.
Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan
antar konsep dan mengaplikasikan konsep logaritma, secara luwes, akurat,
efisien, dan tepat guna, dalam pemecahan masalah.
2.
Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan
manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau
menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
3.
Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami
masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan
solusi yang diperoleh.
4.
Mengkomunikasikan gagasan dengan symbol, tabel,
diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
5.
Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam
kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam
mempelajari matematika, dalam pemecahan masalah.
|
Mata pelajaran matematika pada
satuan pendidikan SD / MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.
Bilangan
2.
Geometrid an pengukuran
3.
Pengolahan data
|
Diskusi
–
Informasi
Tanya
jawab
Penugasan
Demontrasi
Praktek
|
Tes
tertulis
Tes
lisan
Pengamatan
Unjuk
kerja
|
Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam
Tujuan
|
Ruang Lingkup
|
Metode
|
Penilain
|
Mata pelajaran IPA di SD / MI bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.
Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang
Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam ciptaan-Nya.
2.
Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep
IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.
Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif kan kesadaran tentang
adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi
dan masyarakat.
4.
Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki
alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
5.
Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam
memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam.
6.
Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan
segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
7.
Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan
IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs
|
Ruang lingkup bahan kajian IPA SD/MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.
Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia,
hewan, tumbuhan, dan interaksinya dengan lingkungan serta kesehatan.
2.
Benda / materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi
: Cair, padat dan gas.
3.
Energi dan perubahannya meliputi : Gaya, bunyi, panas, magnet, listerik,
cahaya, dan pesawat sederhana.
4.
Bumi dan alam semesta meliputi : tanah, bumi, tata
surya, dan benda-benda langit lainnya.
|
Diskusi
–
Informasi
Tanya
jawab
Penugasan
Kerja
Kelompok
|
Tes
tertulis
Tes
lisan
Pengamatan
Portopilio
Proyek
Produk
|
Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial
Tujuan
|
Ruang Lingkup
|
Metode
|
Penilain
|
Mata pelajaran IPS bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.
Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan
kehidupan masyarakat dan lingkungannya
2.
Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan
kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam
kehidupan sosial.
3.
Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai
sosial dan kemanusiaan
4.
Memiliki kemamapuan berkomunikasi, bekerjasama dan
berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional dan
global.
|
Ruang lingkup bahan kajian IPS
meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.
Manusia, tempat, dan lingkungan
2.
Waktu, keberlanjutan dan perubahan
3.
Sistem sosial dan budaya
4.
Perilaku ekonomi dan kesejahteraan
|
Diskusi
–
Informasi
Tanya
jawab
Penugasan
Kerja
Kelompok
|
Tes
tertulis
Tes
lisan
Pengamatan
Portopilio
Proyek
Produk
|
Mata Pelajaran
Seni Budaya dan Keterampilan.
Tujuan
|
Ruang Lingkup
|
Metode
|
Penilain
|
Mata pelajaran Seni Budaya dan
Keterampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.
Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan
keterampilan
2.
Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan.
3.
Menampilkan kreatifitas melalui seni budaya
keterampilan
4.
Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan
keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
|
Mata pelajaran seni budaya dan
keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.
Seni rupa mencangkup pengetahuan, keterampilan, dan
nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran,
cetak-mencetak dan sebagainya.
2.
Seni untuk mencakup kemampuan untuk menguasai olah
vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik.
3.
Seni tari mencakup ketrerampilan gerak berdasarkan
olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap seni tari.
4.
Seni drama, mencakup keterampilan pementasan dengan
memadukan seni musik, seni tari, dan peran.
5.
Keterampilan mencakup segala aspek kecakapan hidup
(Life skills) yang meliputi keterampilan personal, keterampilan sosial,
keterampilan vokasional, dan keterampilan akademik. Diantara keempat bidang
seni yang ditawarkan, minimal diajarkan satu bidang seni sesuai sumber daya
manusia serta fasilitas yang tersedia pada sekolah yang mampu
menyelenbggarakan pembelajaran lebih dari satu bidang seni, peserta didik
diberi kesempatan untuk memilih bidang yang akan diikutinya. Pada tingkat SD
/ MI, mata pelajaran keterampilan vokasional, khusus kerajinan tangan.
|
Diskusi
–
Informasi
Tanya
jawab
Penugasan
Demontrasi
Praktek
|
Tes
tertulis
Tes
lisan
Pengamatan
Portopilio
Unjuk
Kerja
|
Mata Pelajaran
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tujuan
|
Ruang Lingkup
|
Metode
|
Penilain
|
Mata pelajaran pendidikan
jasmani, olahraga dan kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut:
1.
Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam
upaya mengembangkan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat
melalaui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih.
2.
Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan
psikis yang lebih baik
3.
Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4.
Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui
internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga
dan kesehatan.
5.
Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin,
bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis.
6.
Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan
diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
7.
Memahami konsep aktivitas jasmani, dan olahraga
dilingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik
yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap
yang positif.
|
Ruang lingkup mata pelajaran pendidikan
jasmani, olahraga dan kesehatan meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.
Permainan olahraga meliputi : olahraga tradisional,
permainan, eksplorasi gerak, keterampilan kolomotor Nomorn kolomotor, dan
manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola voly, tennis
meja, tennis lapangan, bulu tangkis,, danm bela diri, serta aktivitas
lainnya.
2.
Aktivitas pengembangan meliputi : mekanika sikap
tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk tubuh serta aktivitas lainnya.
3.
Aktivitas senam meliputi : ketangkasan sederhana,
ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta
aktivitas lainnya.
4.
Aktivitas ritmik meliputi : gerak bebas, senam pagi,
SKJ, dan senam aerobic, serta aktivitas lainnya.
5.
Aktivitas air meliputi : permainan di air,
keselamatan di air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktivitas
lainnya.
6.
Pendidikan luar kelas meliputi : piknik/karya wisata,
pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah dan mendaki gunung.
7.
Kesehatan meliputi : penanaman budaya hidup sehat
dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh
agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman
yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat
dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan
aspek tersendiri, dan secara implicit masuk kedalam semua aspek.
|
Diskusi
–
Informasi
Tanya
jawab
Penugasan
Demontrasi
Pratek
|
Tes
tertulis
Tes
lisan
Pengamatan
Unjuk
kerja
|
B.
Muatan Lokal
Muatan lokal (pendidikan multi kultur) merupakan kegiatan kurikuler untuk
mengembangkan kompetensi kearifan lokal dalam upaya hidup bersama dalam
keanekaragaman budaya. Suku, agama, dan menanamkan kecintaan peserta didik
terhadap lingkungan dan ekosistem sekitar termasuk keunggulan lain sekitar
sekolah. Muatan lokal yang dipilih :
1.
Bahasa Jawa, muatan lokal Propinsi Jawa Tengah
2.
Bahasa Inggris, muatan lokal Kabupaten Cilacap
3.
Pertanian, muatan lokal sekolah berupa Pendidikan TIK
Tabel 3 : Muatan
Kurikulum Muatan Lokal
1.
Muatan Lokal Bahasa Jawa
Tujuan
|
Ruang Lingkup
|
Metode
|
Penilain
|
Tujuan mengembangkan kemampuan
beradat budaya Jawa
1.
Memupuk kemampuan berbahasa Jawa
2.
Meningkatkan kepekaan dan penghayatan terhadap karya
sastra Jawa
3.
Melestarikan dan budaya Jawa sebagai salah satu pilar
budaya nasional.
|
Ruang lingkup bahan kajian
muatan lokal meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4.
Menulis
|
Diskusi
–
Informasi
Tanya
jawab
Penugasan
Demontrasi
|
Tes
tertulis
Tes
lisan
Pengamatan
Portofolio
Unjuk
kerja
|
2.
Muatan Lokal Bahasa Inggris
Tujuan
|
Ruang Lingkup
|
Metode
|
Penilain
|
1.
Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk
lisan secara terbatas untuk mengiring tindakan (language accompanying action)
dalam konteks sekolah.
2.
Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya
bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
|
Ruang lingkup mata pelajaran
bahasa Inggris di SD / MI mencakup kemampuan berkomunikasi lisan secara
terbatas dalam kontek sekolah, yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4.
Menulis
Keterampilan menulis membaca
diarahkan untuk menunjang pembelajaran komunikasi lisan.
|
Diskusi
–
Informasi
Tanya
jawab
Penugasan
Demontrasi
Praktek
|
Tes
tertulis
Tes
lisan
Pengamatan
Proyek
Unjuk
kerja
|
3.
Muatan Lokal Pertanian
Tujuan
|
Ruang Lingkup
|
Metode
|
Penilain
|
1.
Memberi bekal pengetahuan kepada siswa sadar dan
peduli terhadap lingkungannya.
2.
Memberi bekal pengetahuan kepada siswa, bahwa usaha
pertanian yang didasari pengetahuan dan penggunaan teknologi tepat guna akan
dapat meningkatkan taraf hidup.
3.
Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh
siswa dapat mengatasi masalah yang timbul dari lingkungannya, dan berusaha
menerapkan teknologi untuk memajukan daerahnya.
|
Ruang lingkup bahan kajian
muatan lokal pertanian meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.
Budidaya tanaman hias
2.
Budidaya tanaman pekarangan
3.
Budidaya tanaman semusim / setahun.
4.
Pemanfaatan hasil
5.
Pemasaran
|
Diskusi
–
Informasi
Tanya
jawab
Demontrasi
Praktek
|
Tes
tertulis
Tes
lisan
Pengamatan
Proyek
Unjuk
kerja
|
C.
Pengembangan
Diri
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh
guru.Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat,
dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi dengan kondisi sekolah.
Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru,
atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan
ekstrakurikuler.
Berdasarkan kondisi objektif sekolah kegiatan pengembangan diri yang
dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler adalah;
Eksatrakurikuler
wajib;
a. Kepramukaan
b. Pendidikan
Komputer
Ekstrakurikuler
pilihan
c. Kesenian
d. Olahraga
Muatan materi
Pengembangan Diri di sekolah meliputi program seperti pada tabel 4
1.
Kepramukaan
Tujuan
|
Ruang Lingkup
|
Metode
|
Penilain
|
Tujuan Ekstrakurikuler
kepramukaan di SDN Sidasari 01adalah sebagai berikut :
1.
Membentuk manusia Indonesia yang berkepribadian
baik, berwatak luhur, tinggi mental dan moral, kuat beragamnya, cerdas dan
tangkas, sehat jasmani dan rohani
2.
Membentuk warga Negara yang berpancasila, setia dan
patuh pada Negara kesatuan Republik Indonesia, sanggup dan mampu
menyelenggarakan pembangunan bangsa dan Negara
|
Ruang lingkup pendidikan
kepramukaan di SD NEGERI SIDASARI 01 meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.
Sejarah kepramukaan
2.
AD/ART
3.
Lambang Pramuka
4.
Permainan
5.
Nyanyian
6.
SKU
7.
SKK
8.
Tekpram
9.
Kecakapan
10.
Simbul – simbul dalam kepramukaan
|
Game
Curah
Gagasan
Ceramah
Diskusi
Penugasan
Tanya
jawab
Penjelajahan
Kerja
Kelompok
|
Tes
tertulis
Tes
lisan
Pengamatan
Unjuk
kerja
Portopolio
Proyek
Kuis
|
2.
Bimbingan Konseling
Tujuan
|
Ruang Lingkup
|
Metode
|
Penilain
|
Tujuan kegiatan bimbingan dan
konseling di SDN Sidasari 01 adalah :
1.
Membiasakan berperilaku dan bertutur kata yang sopan
2.
Meningkatkan semangat belajar
3.
Mengetahui kelemahan dan kekurangannya sehingga dapat
dicarikan solusi agar proses dan hasil pembelajaran meningkat
4.
Menyadari potensi yang ada pada diri siswa sehingga
dapat dikembangkan secara optimal.
|
Kegiatan bimbingan dan
konseling di SDN Sidasari 01 meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.
Bimbingan belajar
2.
Bimbingan sosial
3.
Bimbingan Karier
|
Wawancara
Angket
Pengamatan
|
Pengamatan
Unjuk
kerja
|
3.
Kesenian
Tujuan
|
Ruang Lingkup
|
Metode
|
Penilain
|
Tujuan Ekstrakurikuler Kesenian
di SDN Sidasari 01 bertujuan
1.
Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya
2.
Menampilkan kreativitas melalui seni budaya
3.
Menampilkan peran serta dalam seni budaya
|
Kegiatan Ekstrakurikuler
Kesenian di SDN Sidasari 01 meliputi aspek - aspek sebagai berikut :
1.
Seni tari
2.
Seni Suara
3.
Seni Baca Puisi
4.
Seni Lukis dan kaligrafi
|
Diskusi
–
Informasi
Penugasan
Demontrasi
|
Tes
tertulis
Tes
lisan
Pengamatan
Portofolio
Unjuk
kerja
|
4.
Olahraga
Tujuan
|
Ruang Lingkup
|
Metode
|
Penilain
|
Pendidikan Jasmani, olahraga,
dan kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut
:
1.
Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan
psikis yang lebih baik
2.
Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
3.
Mencapai prestasi sesuai kelompok usia pada cabang
olahraga tertentu.
4.
Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin,
bertanggung jawab, kerjasama percaya diri dan demokratis
|
Ruang lingkup kegiatan
Ekstrakurikuler olahraga di SDN Sidasari
01 meliputi aspek - aspek sebagai berikut :
1.
Tenis meja
2.
Sepak Takrow
3.
Volly Mini
4.
Catur
|
Diskusi
–
Informasi
Tanya
jawab
Penugasan
Demontrasi
|
Tes
tertulis
Tes
lisan
Pengamatan
Portofolio
Unjuk
kerja
|
Alokasi Waktu
satu jam pembelajaran adalah 35 menit.
Pembelajaran
kelas 1,2 dan 3 dengan menggunakan pendekatan tematik
Pembelajaran
kelas 4,5 dan 6 menggunakan pendekatan mata pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jangan lupa kasih komentar di sini ya