Minggu, 21 Oktober 2012

Beban Belajar dan Ketuntasan Belajar



Struktur Kurikulum
  Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur. Kompetensi yasng dimaksud terdiri dari Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Struktur kurikulum Mata Pelajaran
1.       Komponen Mata Pelajaran
Komponen mata pelajaran dikelompokkan sebagai berikut:
-          Kelompok mata pelajaran agama dan ahklak mulia;
-          Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
-          Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
-          Kelompok mata pelajaran estetika;
-          Kelompok mata pelajaran kesehatan jasmani, dan olahraga.
2.       Komponen Muatan Lokal
3.       Komponen Pengembangan Diri dan Pendidikan Karakter Bangsa.
Pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum.
-          Struktur kurikulum SD meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai kelas I sampai dengan kelas VI.
-          Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.


Tabel 1 Struktur Kurikulum
Kompetensi
Kelas dan Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
6
A
Mata Pelajaran







1. Agama




TEMATIK
3
3
3

2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2

3. Bahasa Indonesia
5
5
5

4. Matematika
5
5
5

5. Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4

6. Ilmu Pengetahuan Sosial
3
3
3

7. Seni Budaya dan Keterampilan
4
4
4

8. Pendidikan Jasmani, Olahraga
     dan Kesehatan 
4
4
4
B
Muatan Lokal







1. Bahasa Jawa

TEMATIK
2
2
2

2. Bahasa Inggris
2
2
2

3. Pertanian
2
2
2
C
Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)
2*)
2*)

1. Kepramukaan







2. Olahraga







3. Kesenian







4. Bimbingan dan Konseling






Jumlah
30
31
34
36
36
36
Keterangan
*) ekuivalen 2 jam pembelajaran
a.       Penambahan jam pelajaran sejumlah 4 jam diperuntukan bagi Kelas IV : Matematika 1 jam, IPS 1 jam, TIK 2 jam. Kelas IV-VI : Bahasa Inggris 2 jam, TIK 2 jam pembelajaran. Alasan penambahan 4 jam adalah karena materi pembelajaran mata pelajaran tersebut sangat banyak, diharapkan dengan penambahan jam tersebut materi pembelajaran dapat terserap semua dan kedalaman materinya benar-benar dapat dikuasai.

Tabel 2 : Muatan Kurikulum Mata Pelajaran
Mata Pelajaran Agama Islam
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode
Penilain
1.   Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan dan pengembangan pengetahuan, penghayatan pengamalan, pembinaan serta pengalaman peserta didik tentang agama islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
2.   Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi, (tasamuh) menjaga keharomisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah. 
Ruang lingkup pendidikan agama islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.   Al-Qur’an dan Hadist
2.   Aqidah
3.   Akhlak
4.   Fikih
5.   Tarikh dan kebudayaan islam


Pendidikan agama islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya. 
Diskusi –
Informasi
Tanya jawab
Penugasan
Demontrasi
Praktek

Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan
Unjuk kerja


Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode
Penilain
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.   Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
2.   Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta anti korupsi
3.   Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
4.   Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam pencaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.   Persatuan dan kesatuan bangsa meliputi : hidup rukun dalam perbedaan, cinta lingkungan, kebanggan sebagai bangsa Indonesia. Supah Pemuda, Kedaulatan NKRI, Keterbukaan dan jaminan keadilan.
2.   Norma hukum dan peraturan dan peraturan meliputi : tertib dalam kehidupan keluarga, tata tertib di sekolah, norma yang berlaku di masyarakat, peraturan-peraturan daerah, norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Sistem hukum dan peradilan nasional, hukum  dan peradilan internasional
3.   HAM meliputi : Hak dan kewajiban anak, Hak dan kewahiban anggota masyarakat, instrument nasional dan internasional HAM, pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM.
Diskusi –
Informasi
Tanya jawab
Penugasan
Kerja Kelompok

Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan
Unjuk kerja
Portopilio



Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode
Penilain
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.   Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
2.   Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara
3.   Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4.   Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5.   Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
6.   Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Ruang lingkup mata pelajaran bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra uang meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.   Mendengarkan
2.   Berbicara
3.   Membaca
4.   Menulis



Pada akhir pendidikan di SD, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya sembilan buku sastra dan non sastra. .
Diskusi –
Informasi
Tanya jawab
Penugasan

Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan
Portofolio
Unjuk kerja
Produk  



Mata Pelajaran Matematika 
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode
Penilain
Mata pelajaran matematika  bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.   Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep logaritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat guna, dalam pemecahan masalah.
2.   Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
3.   Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4.   Mengkomunikasikan gagasan dengan symbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
5.   Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika, dalam pemecahan masalah.
Mata pelajaran matematika pada satuan pendidikan SD / MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.   Bilangan
2.   Geometrid an pengukuran
3.   Pengolahan data
Diskusi –
Informasi
Tanya jawab
Penugasan
Demontrasi
Praktek

Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan
Unjuk kerja







Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam 
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode
Penilain
Mata pelajaran IPA di SD / MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.   Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam ciptaan-Nya.
2.   Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.   Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif kan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
4.   Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
5.   Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam.
6.   Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
7.   Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs  
Ruang lingkup bahan kajian IPA SD/MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.   Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan, dan interaksinya dengan lingkungan serta kesehatan.
2.   Benda / materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi : Cair, padat dan gas.
3.   Energi dan perubahannya meliputi : Gaya, bunyi, panas, magnet, listerik, cahaya, dan pesawat sederhana.
4.   Bumi dan alam semesta meliputi : tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya.
Diskusi –
Informasi
Tanya jawab
Penugasan
Kerja Kelompok

Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan
Portopilio
Proyek
Produk




Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode
Penilain
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.   Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
2.   Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
3.   Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4.   Memiliki kemamapuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional dan global. 
Ruang lingkup bahan kajian IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.   Manusia, tempat, dan lingkungan
2.   Waktu, keberlanjutan dan perubahan
3.   Sistem sosial dan budaya
4.   Perilaku ekonomi dan kesejahteraan
Diskusi –
Informasi
Tanya jawab
Penugasan
Kerja Kelompok

Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan
Portopilio
Proyek
Produk




Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan.
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode
Penilain
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.   Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan
2.   Menampilkan sikap apresiasi  terhadap seni budaya dan keterampilan.
3.   Menampilkan kreatifitas melalui seni budaya keterampilan
4.   Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.

Mata pelajaran seni budaya dan keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.   Seni rupa mencangkup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak dan sebagainya.
2.   Seni untuk mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik.
3.   Seni tari mencakup ketrerampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap seni tari.
4.   Seni drama, mencakup keterampilan pementasan dengan memadukan seni musik, seni tari, dan peran.
5.   Keterampilan mencakup segala aspek kecakapan hidup (Life skills) yang meliputi keterampilan personal, keterampilan sosial, keterampilan vokasional, dan keterampilan akademik. Diantara keempat bidang seni yang ditawarkan, minimal diajarkan satu bidang seni sesuai sumber daya manusia serta fasilitas yang tersedia pada sekolah yang mampu menyelenbggarakan pembelajaran lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk memilih bidang yang akan diikutinya. Pada tingkat SD / MI, mata pelajaran keterampilan vokasional, khusus kerajinan tangan.
Diskusi –
Informasi
Tanya jawab
Penugasan
Demontrasi
Praktek

Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan
Portopilio
Unjuk Kerja




Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode
Penilain
Mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.   Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya mengembangkan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalaui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih.
2.   Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik
3.   Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4.   Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
5.   Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis.
6.   Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
7.   Memahami konsep aktivitas jasmani, dan olahraga dilingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.
Ruang lingkup mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.   Permainan olahraga meliputi : olahraga tradisional, permainan, eksplorasi gerak, keterampilan kolomotor Nomorn kolomotor, dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola voly, tennis meja, tennis lapangan, bulu tangkis,, danm bela diri, serta aktivitas lainnya.
2.   Aktivitas pengembangan meliputi : mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk tubuh serta aktivitas lainnya.
3.   Aktivitas senam meliputi : ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya.
4.   Aktivitas ritmik meliputi : gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic, serta aktivitas lainnya.
5.   Aktivitas air meliputi : permainan di air, keselamatan di air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya.
6.   Pendidikan luar kelas meliputi : piknik/karya wisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah dan mendaki gunung.
7.   Kesehatan meliputi : penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implicit masuk kedalam semua aspek.

Diskusi –
Informasi
Tanya jawab
Penugasan
Demontrasi
Pratek


Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan
Unjuk kerja






B.            Muatan Lokal
Muatan lokal (pendidikan multi kultur) merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi kearifan lokal dalam upaya hidup bersama dalam keanekaragaman budaya. Suku, agama, dan menanamkan kecintaan peserta didik terhadap lingkungan dan ekosistem sekitar termasuk keunggulan lain sekitar sekolah. Muatan lokal yang dipilih :
1.       Bahasa Jawa, muatan lokal Propinsi Jawa Tengah
2.       Bahasa Inggris, muatan lokal Kabupaten Cilacap
3.       Pertanian, muatan lokal sekolah berupa Pendidikan TIK

Tabel 3 : Muatan Kurikulum Muatan Lokal
1.       Muatan Lokal Bahasa Jawa
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode
Penilain
Tujuan mengembangkan kemampuan beradat budaya Jawa 
1.   Memupuk kemampuan berbahasa Jawa
2.   Meningkatkan kepekaan dan penghayatan terhadap karya sastra Jawa
3.   Melestarikan dan budaya Jawa sebagai salah satu pilar budaya nasional.

Ruang lingkup bahan kajian muatan lokal meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.   Mendengarkan
2.   Berbicara
3.   Membaca
4.   Menulis

Diskusi –
Informasi
Tanya jawab
Penugasan
Demontrasi



Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan
Portofolio
Unjuk kerja






2.       Muatan Lokal Bahasa Inggris
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode
Penilain
1.   Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiring tindakan (language accompanying action) dalam konteks sekolah.
2.   Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global

Ruang lingkup mata pelajaran bahasa Inggris di SD / MI mencakup kemampuan berkomunikasi lisan secara terbatas dalam kontek sekolah, yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.   Mendengarkan
2.   Berbicara
3.   Membaca
4.   Menulis
Keterampilan menulis membaca diarahkan untuk menunjang pembelajaran komunikasi lisan.

Diskusi –
Informasi
Tanya jawab
Penugasan
Demontrasi
Praktek



Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan
Proyek
Unjuk kerja





3.       Muatan Lokal Pertanian
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode
Penilain
1.   Memberi bekal pengetahuan kepada siswa sadar dan peduli terhadap lingkungannya.
2.   Memberi bekal pengetahuan kepada siswa, bahwa usaha pertanian yang didasari pengetahuan dan penggunaan teknologi tepat guna akan dapat meningkatkan taraf hidup.
3.   Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa dapat mengatasi masalah yang timbul dari lingkungannya, dan berusaha menerapkan teknologi untuk memajukan daerahnya.

Ruang lingkup bahan kajian muatan lokal pertanian meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.   Budidaya tanaman hias
2.   Budidaya tanaman pekarangan
3.   Budidaya tanaman semusim / setahun.
4.   Pemanfaatan hasil
5.   Pemasaran

Diskusi –
Informasi
Tanya jawab
Demontrasi
Praktek




Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan
Proyek  
Unjuk kerja





C.           Pengembangan Diri
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru.Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
Berdasarkan kondisi objektif sekolah kegiatan pengembangan diri yang dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler adalah;
Eksatrakurikuler wajib;
a. Kepramukaan
b. Pendidikan Komputer

Ekstrakurikuler pilihan
c. Kesenian
d. Olahraga
Muatan materi Pengembangan Diri di sekolah meliputi program seperti pada tabel 4
1.       Kepramukaan
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode
Penilain
Tujuan Ekstrakurikuler kepramukaan di SDN Sidasari 01adalah sebagai berikut :
1.   Membentuk manusia Indonesia yang berkepribadian baik, berwatak luhur, tinggi mental dan moral, kuat beragamnya, cerdas dan tangkas, sehat jasmani dan rohani
2.   Membentuk warga Negara yang berpancasila, setia dan patuh pada Negara kesatuan Republik Indonesia, sanggup dan mampu menyelenggarakan pembangunan bangsa dan Negara
Ruang lingkup pendidikan kepramukaan di SD NEGERI SIDASARI 01 meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.   Sejarah kepramukaan
2.   AD/ART
3.   Lambang Pramuka
4.   Permainan
5.   Nyanyian
6.   SKU
7.   SKK
8.   Tekpram
9.   Kecakapan
10.     Simbul – simbul dalam kepramukaan


Game
Curah
Gagasan
Ceramah
Diskusi
Penugasan
Tanya jawab
Penjelajahan
Kerja Kelompok



Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan
Unjuk kerja
Portopolio
Proyek
Kuis






2.       Bimbingan Konseling
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode
Penilain
Tujuan kegiatan bimbingan dan konseling di SDN Sidasari 01  adalah :
1.   Membiasakan berperilaku dan bertutur kata yang sopan
2.   Meningkatkan semangat belajar
3.   Mengetahui kelemahan dan kekurangannya sehingga dapat dicarikan solusi agar proses dan hasil pembelajaran meningkat
4.   Menyadari potensi yang ada pada diri siswa sehingga dapat dikembangkan secara optimal.

Kegiatan bimbingan dan konseling di SDN Sidasari 01 meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.   Bimbingan belajar
2.   Bimbingan sosial
3.   Bimbingan Karier


Wawancara
Angket
Pengamatan



Pengamatan
Unjuk kerja






3.       Kesenian
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode
Penilain
Tujuan Ekstrakurikuler Kesenian di SDN Sidasari 01 bertujuan
1.   Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya
2.   Menampilkan kreativitas melalui seni budaya
3.   Menampilkan peran serta dalam seni budaya

Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian di SDN Sidasari 01 meliputi aspek - aspek sebagai berikut :
1.   Seni tari
2.   Seni Suara
3.   Seni Baca Puisi
4.   Seni Lukis dan kaligrafi

Diskusi –
Informasi
Penugasan
Demontrasi



Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan
Portofolio
Unjuk kerja





4.       Olahraga
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode
Penilain
Pendidikan Jasmani, olahraga, dan kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.   Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik
2.   Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
3.   Mencapai prestasi sesuai kelompok usia pada cabang olahraga tertentu.
4.   Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama percaya diri dan demokratis

Ruang lingkup kegiatan Ekstrakurikuler olahraga  di SDN Sidasari 01 meliputi aspek - aspek sebagai berikut :
1.   Tenis meja
2.   Sepak Takrow
3.   Volly Mini
4.   Catur

Diskusi –
Informasi
Tanya jawab
Penugasan
Demontrasi



Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan
Portofolio
Unjuk kerja





Alokasi Waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit.
Pembelajaran kelas 1,2 dan 3 dengan menggunakan pendekatan tematik
Pembelajaran kelas 4,5 dan 6 menggunakan pendekatan mata pelajaran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa kasih komentar di sini ya