Selasa, 30 Oktober 2012

Cara Mencari Video di Youtube dengan Cepat dan Akurat


Tahukah Anda bahwa setiap menit ada lebih dari 35 jam video diunggah di Youtube? Video yang diunggah di Youtube tersebut sudah ditonton oleh lebih dari 700 miliar kali di tahun 2010 saja bahkan menurut kabar terakhir yang saya ketahui seiring berkembangnya smartphone lebih dari 4 miliar klik dalam sehari (waw fantastis). Dengan demikian membuat Youtube sebagai search engine paling populer kedua di Internet.

Kemudahan dalam mendapatkan informasi dalam bentuk audio visual yang sangat mudah dimengerti membuat banyak orang memilih youtube sebagai alat pertama untuk mendapat informasi hanya dengan memasukan kata di kolom pencarian maka video yang diinginkan segera akan muncul.

Namun tahukah anda bahwa ada trik dan tips sederhana untuk mempermudah pencarian video yang anda inginkan?
Youtube telah mengorganisir semua jenis video menurut klasifikasi yang sangat akurat.  Youtube telah menyederhanakan fungsi pencarian video mereka sesuai klasifikasi diatas sehingga memudahkan bagi setiap orang untuk melakukan pencarian lanjutan di YouTube tanpa belajar sintaks apapun yang rumit. Mari kita lihat beberapa contohnya:
1. Cari channel secara spesifik
royal wedding, channel
YouTube akan memiliki berbagai video yang berhubungan dengan pernikahan kerajaan namun jika anda hanya mencari saluran resmi YouTube mereka, tambahkan kata “channel” dalam pencarian anda dan dipisahkan dengan tanda koma.
2. Batasi pencarian untuk video yang baru diupload
oprah winfrey, this week
Ini hanya akan menampilkan video terakhir yang berkaitan dengan Oprah yang telah diupload ke YouTube dalam seminggu terakhir. Anda juga dapat menggunakan “today” atau “this month” untuk membatasi pencarian Anda ke video yang upload dalam satu bulan terakhir.
3. Cari hanya video resmi, bukan milik fans
never say never, partner
Jika Anda mencari track ’resmi’ Bieber Justin dan tidak ingin melihat parodi atau buatan penggemar di hasil pencarian, tambahkan ‘partner’ untuk permintaan pencarian Anda.
4. Mencari film di YouTube

jackie chan, movie
Ya, Anda dapat menemukan full-length (durasi panjang) film di YouTube (termasuk Bollywood). Operator Pencarian internal untuk menemukan film ini, Anda sudah benar, film.
5. Mencari video berkualitas tinggi di YouTube
the king's speech trailer, hd
Tambahkan kata kunci “hd” dalam permintaan pencarian Anda dan YouTube hanya akan menampilkan klip video definisi yang tinggi baik 720p (1280×720) atau 1080p (1920×1080).
6. Mencari klip video 3D di YouTube
avatar, 3d
Punya sepasang kacamata 3D? Tambahkan kata kunci 3D dalampermintaan pencarian Anda dan menemukan video 3D. Anda juga dapat menikmati beberapa konten 3D di YouTube tanpa kacamata – lihat rincian.
7. Mencari daftar putar video di YouTube
bryan adams, playlist
Playlist adalah pilihan jika anda ingin mencari dan menonton (atau mendengarkan) beberapa video terkait- seperti semua iklan Old Spice atau trek Savage Garden favorit Anda. Anda juga dapat menyalin playlist YouTube ke account anda sendiri.
8. Mencari video panjang di YouTube
tom and jerry cartoons, long
Tambahkan kata kunci “long” untuk permintaan pencarian Anda dan YouTube hanya akan memberikan video yang setidaknya 20 menit panjangnya.
9. Lakukan pencarian yang tepat-cocok di YouTube
allintitle:"google goes gaga"
Anda dapat meminjam operator allintitle pencarian populer dari Google di YouTube untuk melakukan pencarian judul yang tepat. Mungkin berguna ketika video asli tidak tersedia di negara Anda karena batasan geografis.
10. Mix and Match
ted talks, hd, this month, long
Bagian terbaik dari pencarian YouTube adalah Anda dapat menggabungkan beberapa operator pencarian dengan koma dan menerapkannya semua untuk permintaan Anda (seperti operator Boolean AND). Contoh di atas akan membantu menggunakan menemukan semua pembicaraan TED yang baru-baru ini upload ke YouTube.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar di sini ya