Selasa, 30 Oktober 2012

Virus Komputer Terbaru : VIRUS GALAU

Pada awal hingga pertengahan, bahkan mungkin hingga akhir 2012 ini, entah megapa kata galau sering sekali terdengar di telinga. Ibarat tema, jika pada tahun 2000 silam disebut era millennium, maka tahun 2012 ini disebut ‘tahun galau’.
Mengapa tahun galau?
Karena, tak kenal usia, galau ini ternyata tidak hanya menyerang kaum remaja yang haus akan cinta saja, bahkan galau pun bisa dialami oleh orang dewasa. Jika galau identik dengan cinta cinta dan cinta, hmm…, dan anak muda atau remaja yang tentunya masih belum berkeluarga, tapi berdasarkan study lapangan, galau itu tetap berlaku pula bagi yang sudah berkeluarga, bagi yang sudah menikah. Terus, saya harus bilang WoW gitu? Hehe…. Jangan terlalu tegang ya membacanya! :)
Mengapa orang yang sudah menikah pun bisa galau?
Hal ini dikarenakan faktor masalah, begitu yang penulis temui pada lapangan. Mungkin tahun 2012 ini tahunnya masalah, ya?

Baiklah, tanpa mengulur-ulur waktu lagi, kita akan membahas virus galau yang satu ini.


Karakteristik Virus

Nama : Galau.exe
Icon : PDF
Ukuran : 880 KB
Virus yang dibuat menggunakan Visual Basic dan tanpa terpack ini sebenarnya tidak melakukan banyak ulah, hanya melakukan satu keusilan, keusilan apa kah itu?
Mari lanjutkan membaca! :)

Aksi Virus
Ingat, virus ini sekedar virus galau, virus ini tidak melakukan banyak hal, hanya sedikit keusilan saja. :)

Ciluk baaa….
Ini lah keusilan virus. Saat virus ini aktif, maka virus ini akan mengcopykan dirinya pada setiap disk yang aktif, pada direktori utama (bukan pada sub folder) dengan menggunakan nama file “Visual Basic 2.exe”.
Untuk induknya, virus ini menanamkan induknya pada :
C:\Program Files\Windows Compability\galau.exe

Agar aktif saat komputer menyala, virus ini membuat perintah pada Registry :
[HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run]
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run]



Sekali lagi, tidak berbuat banyak hal, virus ini aktif dengan metode “Show On Top”, sehingga komponen gambar yang ada pada ‘Form’ virus ini menjadi background tampilan Desktop, dan user tidak bisa berbuat apa-apa, dalam artian tidak bisa mengklak-klik klak-klik seperti biasa untuk mengoperasikan komputernya.
Ditambah TaksManager yang didisable oleh virus ini :
[HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System]


Cara Pembersihan Virus

Tak perlu galau karena diserang virus galau ini! Cukup kita improvisasi sedikit agar kita bisa mematikan proses virus ini. :)

Lihat gambar Task Manager yang didisable!Adacelah yang dapat kita manfaatkan, yaitu kita dapat menjalankan Smadav yang beberapa program yang aktif Tray Iconnya. Nah, tinggal jalankan saja Smadav! Serahkan dan percayakan pada Smadav dalam menumpas kegalauan komputer Anda! :)

Jika belum mengupdate Smadavnya, silakan download Smadav di www.smadav.net (Smadav 2012 Rev. 9.1.1 >> 9 Oktober 2012)


Salam bebas galau! :)

(Sumber :  http://www.viruslokal.com/2012/10/virus-galau-yang-membuat-desktop-menjadi-galau/)

Tips Dan Trik Cara Belajar Yang Baik Untuk Menghadapi Ujian Nasional

Untuk bisa pandai dan pintar pastinya harus giat dan tekun belajar. Bagaimana cara yang efektif dan tepat untuk murid/siswa dalam belajar. Kapan waktu yang tepat agar hasilnya juga maksimal.

Setiap orang bisa menentukan sendiri kapan waktu yang paling tepat untuk belajar. Apakah memilih pagi, sore atau mala hari. Semua sesuai dengan kondisi yang ada. Sebaiknya belajar di lakukan setiap hari, walaupun dengan waktu yang tidak lama. Misalnya 1 atau 2 jam setiap hari.

Banyak sekali murid-murid sekolah saat ini belajar ngoyo hanya jika ada ulangan atau ujian. Waktu yang paling tepat untuk belajar bisa di sesuaikan dengan mood dan toleransi tubuh kita. Tidak harus setiap malam. Kalau kita jam 8 atau jam 9 malam sudah merasa mengantuk bisa memilih waktu sore atau sehabis maghrib.

Jadi waktu belajar seseorang memang tidak bisa sama. Yang penting jangan terlalu memaksakan atau memporsir balajar hingga larut malam karena biasanya hasilnya juga tidak akan bisa maksimal.


1. Belajar Kelompok
Bosan belajar sendirian? Coba saja belajar secara kelompok bareng teman. Dengan belajar kelompok kegiatan belajar akan menjadi sangat menyenangkan karena ada temannya. Belajar secara kelompok sebaiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar bisa termotivasi dan ketularan pintar.

2. Coba Rajin Membuat Catatan Atau Intisari Dari Pelajaran
Setiap bab pelajaran selalu ada bagian-bagian yang penting. Nah bagian yang penting ini sebaiknya dibuat catatan di buku tersendiri. In sangat berguna saat menghadapi ulangan atau ada ujian.


3. Selalu Disiplin Dan Tekun Dalam Belajar
Yang penting di sini adalah kualitas belajarnya. Walaupun hanya 1-2 jam sehari tapi kalau di lakukan setiap hari pasti akan lebih baik dari pada belajar dalam waktu yang sangat lama pada waktu tertentu saja. Misalnya hanya belajar kalau ada ulangan atau ujian saja.

4. Bertanya Kalau Belum Paham
Biasanya saat guru selesai membahas satu mata pelajaran akan bertanya pada murid muridnya. Apakah sudah jelas? Jangan ragu dan takut untuk bertanya kalau memang kurang paham atau kurang mengerti.


5. Hindari Sukap Tidak Jujur
Sekarang ini banyak siswa membuat catatan untuk mencontek saat ada ulangan atau ujian. Dengan belajar dengan jadwal yang teratur seorang murid akan selalu siap jika ada ulangan dadakan dan tidak perlu mencontek.

Punya tips lain yang berkaitan dengan cara belajar yang baik agar pandai dan pintar? Berikan komentarnya dong!

Cara Mencari Video di Youtube dengan Cepat dan Akurat


Tahukah Anda bahwa setiap menit ada lebih dari 35 jam video diunggah di Youtube? Video yang diunggah di Youtube tersebut sudah ditonton oleh lebih dari 700 miliar kali di tahun 2010 saja bahkan menurut kabar terakhir yang saya ketahui seiring berkembangnya smartphone lebih dari 4 miliar klik dalam sehari (waw fantastis). Dengan demikian membuat Youtube sebagai search engine paling populer kedua di Internet.

Kemudahan dalam mendapatkan informasi dalam bentuk audio visual yang sangat mudah dimengerti membuat banyak orang memilih youtube sebagai alat pertama untuk mendapat informasi hanya dengan memasukan kata di kolom pencarian maka video yang diinginkan segera akan muncul.

Namun tahukah anda bahwa ada trik dan tips sederhana untuk mempermudah pencarian video yang anda inginkan?
Youtube telah mengorganisir semua jenis video menurut klasifikasi yang sangat akurat.  Youtube telah menyederhanakan fungsi pencarian video mereka sesuai klasifikasi diatas sehingga memudahkan bagi setiap orang untuk melakukan pencarian lanjutan di YouTube tanpa belajar sintaks apapun yang rumit. Mari kita lihat beberapa contohnya:
1. Cari channel secara spesifik
royal wedding, channel
YouTube akan memiliki berbagai video yang berhubungan dengan pernikahan kerajaan namun jika anda hanya mencari saluran resmi YouTube mereka, tambahkan kata “channel” dalam pencarian anda dan dipisahkan dengan tanda koma.
2. Batasi pencarian untuk video yang baru diupload
oprah winfrey, this week
Ini hanya akan menampilkan video terakhir yang berkaitan dengan Oprah yang telah diupload ke YouTube dalam seminggu terakhir. Anda juga dapat menggunakan “today” atau “this month” untuk membatasi pencarian Anda ke video yang upload dalam satu bulan terakhir.
3. Cari hanya video resmi, bukan milik fans
never say never, partner
Jika Anda mencari track ’resmi’ Bieber Justin dan tidak ingin melihat parodi atau buatan penggemar di hasil pencarian, tambahkan ‘partner’ untuk permintaan pencarian Anda.
4. Mencari film di YouTube

jackie chan, movie
Ya, Anda dapat menemukan full-length (durasi panjang) film di YouTube (termasuk Bollywood). Operator Pencarian internal untuk menemukan film ini, Anda sudah benar, film.
5. Mencari video berkualitas tinggi di YouTube
the king's speech trailer, hd
Tambahkan kata kunci “hd” dalam permintaan pencarian Anda dan YouTube hanya akan menampilkan klip video definisi yang tinggi baik 720p (1280×720) atau 1080p (1920×1080).
6. Mencari klip video 3D di YouTube
avatar, 3d
Punya sepasang kacamata 3D? Tambahkan kata kunci 3D dalampermintaan pencarian Anda dan menemukan video 3D. Anda juga dapat menikmati beberapa konten 3D di YouTube tanpa kacamata – lihat rincian.
7. Mencari daftar putar video di YouTube
bryan adams, playlist
Playlist adalah pilihan jika anda ingin mencari dan menonton (atau mendengarkan) beberapa video terkait- seperti semua iklan Old Spice atau trek Savage Garden favorit Anda. Anda juga dapat menyalin playlist YouTube ke account anda sendiri.
8. Mencari video panjang di YouTube
tom and jerry cartoons, long
Tambahkan kata kunci “long” untuk permintaan pencarian Anda dan YouTube hanya akan memberikan video yang setidaknya 20 menit panjangnya.
9. Lakukan pencarian yang tepat-cocok di YouTube
allintitle:"google goes gaga"
Anda dapat meminjam operator allintitle pencarian populer dari Google di YouTube untuk melakukan pencarian judul yang tepat. Mungkin berguna ketika video asli tidak tersedia di negara Anda karena batasan geografis.
10. Mix and Match
ted talks, hd, this month, long
Bagian terbaik dari pencarian YouTube adalah Anda dapat menggabungkan beberapa operator pencarian dengan koma dan menerapkannya semua untuk permintaan Anda (seperti operator Boolean AND). Contoh di atas akan membantu menggunakan menemukan semua pembicaraan TED yang baru-baru ini upload ke YouTube.

Contoh Bagian Kurikulum SDN Sidasari 01 Th. Pelajaran 2012/2013



Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi anak didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mewujudkan tujuan tersebut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD Negeri Sidasari  01 disusun berdasarkan analisis kondisi dan situasi sekolah yang berupa potensi, kekuatan, hambatan peluang dan tantangan masa depan. Analisis dilakukan dengan menggunakan metoda SWOT yaitu :
a.       Strengh (Kekuatan)
Kekuatan yang dimiliki sekolah potensi fisik dan non fisik antara lain lokasi sekolah yang berada 15 km dari Jalan Raya Kecamatan ke Utara melalui jalan yang semi permanent dan jauh 17 km dari pusat Pemerintahan Kecamatan Cipari  dan Kantor UPT Disdikpora Kecamatan Cipari. Lokasi sekolah yang demikian memungkinkan keamanan sekolah terjaga dengan baik karena pemberdayaan Komite Sekolah yang ikut merasa memiliki jalan yang semi permanent ini mudah dilalui oleh kendaraan roda 4 yang memungkinkan Pengawasan akan terkontrol secara rutin baik oleh Pengawas maupun oleh UPT Disdikpora. Potensi lain berupa jaringan listrik yang memungkinkan sekolah dapat dengan mudah mengakses data dan mengoperasikan alat elektronik dan pemasangannya.
Potensi non fisik berupa Sumber Daya Manusia (SDM) guru dan siswa. Jumlah personil sebanyak 15 orang terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 8 orang guru kelas, 1 orang guru PAI, 1 orang guru Penjas, 1 Orang guru Bahasa Inggris, 1 orang tenaga Pengelola Perpustakaan, 2 orang tenaga Administrasi . Keadaan siswa Tahun Pelajaran 2012 / 2013 terdiri dari kelas I sebanyak ….. anak, kelas II sebanyak … anak, kelas III sebanyak ….anak, kelas IV sebanyak … anak, kelas V sebanyak .. anak, dan kelas VI sebanyak 41 anak. Jumlah seluruh siswa laki – laki … anak dan Perempuan … anak, jumlah seluruh … anak.
Dukungan masyarakat khususnya wali murid sangat baik yang dijembatani oleh Pengurus Komite. Pengurus Komite terdiri dari tokoh pemerintah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat yang berantusias ingin memajukan pendidikan khususnya SD Negeri Sidasari  01

b.      Weakness (Kelemahan)
Kelemahan atau kekurangan yang dimiliki sekolah antara lain 40% ruang belajar dalam kondisi rusak ringan, kantor guru Masih menyatu dengan gudang, belum memiliki gedung perpustakaan, sosial ekonomi wali murid umumnya rendah, banyak yang masih berstatus keluarga prasejahtera. Masyarakat umumnya bermata pencaharian petani dan buruh tani dengan sosio kultur budaya Jawa yang masih sangat kuat budaya kekeluargaan, kegotong – royongan, kebersamaan, serta sikap Nrimo Ing Pandum.

c.       Opportunity (Kesempatan)
Sekolah memahami opportunity itu sebagai sebuah peluang untuk mengembangkan kurikulum sekolah yang berdasarkan kondisi riil sekolah, baik kondisi fisik maupun non fisik seperti SDM guru, peserta didik, komite sekolah, dan masyarakat pemangku sekolah tersebut, maka peluang yang mungkin dapat dikembangkan antara lain :
1.       Mengenalkan peserta didik terhadap teknologi informasi dan Komunikasi.
2.       Mengembangkan dan mengoptimalkan akses informasi melalui internet untuk kepentingan pembelajaran.
3.       Membangun dan mengembangkan perpustakaan sekolah sebagai sumber dan media belajar
4.       Membekali peserta didik dengan budaya sopan santun, tata krama, serta mengenalkan mereka pada adat-istiadat dan budaya masyarakat lingkungan.
5.       Menanamkan Nilai -nilai agama dan  Pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.

d.   Threat (Ancaman)
Sekolah memahami threat bukan sebagai ancaman terhadap keselamatan warga sekolah, akan tetapi diartikan sebagai suatu tantangan jaman, yaitu suatu kondisi yang dihadapi oleh warga sekolah, khususnya peserta didik yang mau tidak mau, suka tidak suka harus dihadapi, karena memang sudah terjadi dan akan terus terjadi, kita tidak bisa menghindar terhadap tantangan itu, yang bisa kita lakukan adalah menyikapi dengan penuh kearifan agar tantangan itu bisa menjadi berkah bukan musibah bagi umat manusia. Tantangan masa depan yang bisa diprediksi antara lain :
1) Derasnya arus informasi baik yang datang dari dalam negeri, maupun yang datang dari luar negeri yang sering kali tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia, sehingga dapat mengancam nilai-nilai budaya seperti : sopan –santun, tata krama, hormat pada orang tua, guru, pemimpin, cinta budaya bangsa yang Bhineka Tunggal Ika, semangat hidup gotong-royong, hidup senasib sepenanggungan, suka musyawarah, semuanya bisa luntur yang sangat berbahaya bagi jati diri bangsa Indonesia.
2) Arus globalisasi yang menyebabkan seperti dunia tanpa batas ruang dan waktu, mobilitas manusia sangat tinggi hal ini menuntut orang harus mampu berkomunikasi dengan berbagai bangsa di belahan bumi yang lain.
Menghadapi berbagai tantangan tersebut, maka kurikulum ini disusun untuk dapat menjawab tantangan jaman, baik yang bersifat lokal, maupun tantangan global.

          Tujuan Pengembangan Kurikulum  
Kurikulum disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh karena itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk :

1.       Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
2.       Belajar untuk memahami dan menghayati .
3.       Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif .
4.       Belajar untuk hidup dan berguna untuk orang lain, dan
5.       Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalaui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. 

Senin, 29 Oktober 2012

Daftar Urutan Anti Virus Terbaik 2012

Daftar antivirus terbaik 2012 apa saja yang paling bagus dalam melindungi Personal Computer (PC) dari infeksi serangan virus, spyware, trojan, worms, malware dan varian lainnya yang mengancam keamanan yang dapat merusak sistem pada komputer. Kami mengupas secara tuntas software antivirus dengan merek apa saja yang paling terbaik dari banyaknya software antivirus tersedia dan memiliki reputasi yang sudah sangat baik di lokal maupun internasional.

"Virus beserta variannya pada saat sekarang ini sudah sangat cepat berevolusi menjadi ancaman yang sangat berbahaya yang mampu merusak dan menghancurkan komputer dengan cara yang sangat cepat dan juga bisa mencuri berbagai file maupun identitas yang anda miliki."

Manfaat menginstal Software Antivirus adalah sebagai perangkat lunak keamanan komputer yang mampu memberikan solusi dalam meningkatkan perlindungan terbaik sehingga aktivitas tidak terganggu dari bahaya virus beserta variannya. Memilih antivirus sangat diperlukan agar perlindungan komputer dapat secara maksimal bekerja efektif.

AntiVirus PC Terbaik 2012 di evaluasi berdasarkan berbagai hal baik dari segi keamanan yang diberikan, fitur user friendly dalam kemudahan penggunaan secara lengkapnya beberapa hal yang dijadikan dasar menentukan AntiVirus Terbaik 2012 adalah sebagai berikut :

Ruang Lingkup Perlindungan Antivirus
Antivirus terbaik harus dapat memberikan secara menyeluruh perlidungan dari virus, worms, Trojans dan spyware lebih dari itu juga harus sudah bisa memberikan pertahan dari keylogger, penipuan menggunakan phising dan juga memberikan perlidungan terhadap email.

Efektivitas Antivirus
Sebuah antivirus terbaik haruslah sangat efektif dalam bekerja memberikan perlindungan terhadap komputer yang telah terinstal software antivirus tersebut. Antivirus harus tanggap dan cepat dalam memberikan perlidungan dan keamanan secara maksimal.

Kemudahan Instalasi dan Setup Software Antivirus
Antivirus terbaik juga harus memenuhi kemudahaan dari awal saat melakukan instalasi dilanjutkan dengan setup yang diperlukan. Antivirus saat instalasi dan setup harus yang cepat dan mudah begitu juga saat otomatis melakukan scan untuk yang pertama kalinya.

Kemudahan Penggunaan Antivirus
Kemudahan dalam menggunakan Antivirus yang telah harus diinstal menjadi poin penting baik untuk pemula ataupun yang baru mengenal antivirus yang bersangkutan. Seorang pengguna komputer akan merasaka kemudahan dari antivirus yang terinstal dan secara fleksibel mampu melakukan apa yang diinginkan karena kemudahan dari software antivirus tersebut.

Fitur Antivirus
Antivirus yang bagus adalah yang memiliki paket fitur yang lengkap dalam memberikan solusi keamanan sehingga akan memberikan manfaat dan kinerja yang maksimal.

Update Antivirus
Antivirus yang baik akan selalu memberikan update terbaru secara otomatis seiring perkembangan virus dan variannya sehingga dapat menjadi secara teratur dari update database yang dilakukan.

Bantuan dan Dukungan Antivirus
Antivirus terbaik harus memiliki bantuan maupun dukungan baik secara online ataupun offline dalam mengatasi berbagai persoalan yang timbul.

Antivirus Terbaik haruslah memiliki semua kriteria tersebut diatas sehingga secara efektif dan efisien mampu menjaga komputer dari serangan virus beserta variannya dengan kemudahan dalam pengoperasian dari awal sampai penggunaan tingkat lanjutnya. Memang akan lebih terasa lagi bila Antivirus Terbaik di gunakan pada Laptop Terbaik sehingga keseimbangan akan terjalin dengan sangat baik. Berikut Daftar 20 Software AntiVirus PC Terbaik 2012 di evaluasi berdasarkan berbagai kriteria yang telah disebutkan diatas, diantaranya adalah :

  1. Bitdefender Antivirus Plus
  2. Kaspersky Anti-Virus
  3. Panda Antivirus Pro
  4. F-Secure Anti-Virus
  5. AVG Anti-Virus
  6. Avast! Pro Antivirus
  7. G Data AntiVirus
  8. BullGuard Antivirus
  9. Avira AntiVir Premium
  10. ESET NOD32 Antivirus
  11. Norton AntiVirus
  12. Vipre Antivirus
  13. Trend Micro Titanium Antivirus +
  14. McAfee AntiVirus Plus
  15. Webroot Secure Anywhere Antivirus
  16. CA AntiVirus Plus
  17. Norman Antivirus & Antispyware
  18. eScan Anti-Virus
  19. TrustPort Antivirus
  20. ZoneAlarm Antivirus +

Tabel Gambar Daftar 10 Software Antivirus Terbaik 2012
Daftar 10 Software Antivirus Terbaik 2012

Menentukan Software Antivirus yang tepat untuk penggunaan pada komputer akan dapat melindungi secara maksimal dari berbagai serangan keamanan pada komputer, dengan Antivirus Terbaik 2012 yang telah disebutkan dari yang terbaik yaitu Bitdefender Antivirus Plus lalu diikuti Kaspersky Anti-Virus dapat menjadi solusi yang tepat  dalam membeli dan menggunakan software Antivirus Terbaik di tahun 2012.
 

Tips Memilih Laptop Yang Bagus

Info Terbaru kali ini akan menjelaskan Tips Memilih Laptop Yang Bagus agar Anda tidak terjebak atau tertipu oleh penjual laptop tersebut. Laptop itu mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri seperti merk laptop Lenovo, Acer, Asus, Vaio, Axioo, dll itu juga berbeda kinerjanya.  Jelasnya lagi merk-merk Laptop yang saya jelaskan tadi juga berbeda harganya hehe Jadi Tips kali ini membantu Anda untuk mengetahui Laptop yang bagus dan yang paling terbaik.


Tips Memilih Laptop Yang Bagus atau yang terbaik ini saya jelaskan agar Anda dapat lebih cermat untuk memilih laptop yang bagus dan terbaik. Maksud saya agar Anda tidak mendapat kejadian yang sama seperti teman saya yang hanya sembarang dalam memilih laptop. Kembali pada topik awal kita, mari saatnya Anda harus tahu beberapa tips untuk Anda gunakan saat membeli Laptop. Inilah Tips Memilih Laptop Yang Bagus dan paling terbaik :
  1. Beli Laptop lebih baik yang masih baru, karena kalau membeli laptop yang sudah terpakai atau laptop second itu harus dipertanyakan kualitas Laptop tersebut.
  2. Belilah Laptop di Toko yang terpercaya dan belilah laptop dengan kebutuhan Anda ( sesuai dengan kebutuhan ).
  3. Periksa Alat Anti Pencuri yang ada di belakang laptop. Karena telah banyak terjadi pencurian Laptop.
  4. Belilah laptop dengan spesifikasi laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Pastikan kartu garansi Anda telah teregistrasi.
  6. Cek keaslian System Operasinya jika telah dibawakan dari toko tersebut.
  7.  Kemudian Anda harus cek kelengkapan Perangkat Laptop.
  8. Kalau semua itu sudah, saya sarankan beli softcase atau tas laptop yang tebal agar mencegah benturan pada laptop.
  9. Kemudian jika Anda telah yakin dengan Laptop pilihan Anda itu, silahkan lakukan cara yang paling wajib Anda lakukan sebelum pergi dari toko tersebut, Caranya adalah membayar Laptop yang Anda pilih tadi hehe.
  10. Kenali Komponen - Komponen yang ada di laptop Anda juga, Komponen-komponen laptop atau PC dapat Anda temukan di artikel saya tentang " KOMPONEN CPU "
Nah itulah Tips Memilih Laptop Yang Bagus dan terbaik untuk Anda. Jadi berhati-hatilah dalam mencari segala hal yang anda inginkan terutama Laptop, karena itu pilihan Anda. Terima kasih.

Apa Itu Modem?


modem

    modem

    )(mō´dem) (n.) Short for modulator-demodulator. A modem is a device or program that enables a computer to transmit data over, for example, telephone or cable lines. Computer information is stored digitally, whereas information transmitted over telephone lines is transmitted in the form of analog waves. A modem converts between these two forms.
    Fortunately, there is one standard interface for connecting external modems to computers called RS-232. Consequently, any external modem can be attached to any computer that has an RS-232 port, which almost all personal computers have. There are also modems that come as an expansion board that you can insert into a vacant expansion slot. These are sometimes called onboard or internal modems.
    While the modem interfaces are standardized, a number of different protocols for formatting data to be transmitted over telephone lines exist. Some, like CCITT V.34, are official standards, while others have been developed by private companies. Most modems have built-in support for the more common protocols -- at slow data transmission speeds at least, most modems can communicate with each other. At high transmission speeds, however, the protocols are less standardized.
    Aside from the transmission protocols that they support, the following characteristics distinguish one modem from another:

  • bps : How fast the modem can transmit and receive data. At slow rates, modems are measured in terms of baud rates. The slowest rate is 300 baud (about 25 cps). At higher speeds, modems are measured in terms of bits per second (bps). The fastest modems run at 57,600 bps, although they can achieve even higher data transfer rates by compressing the data. Obviously, the faster the transmission rate, the faster you can send and receive data. Note, however, that you cannot receive data any faster than it is being sent. If, for example, the device sending data to your computer is sending it at 2,400 bps, you must receive it at 2,400 bps. It does not always pay, therefore, to have a very fast modem. In addition, some telephone lines are unable to transmit data reliably at very high rates.
  • voice/data: Many modems support a switch to change between voice and data modes. In data mode, the modem acts like a regular modem. In voice mode, the modem acts like a regular telephone. Modems that support a voice/data switch have a built-in loudspeaker and microphone for voice communication.
  • auto-answer : An auto-answer modem enables your computer to receive calls in your absence. This is only necessary if you are offering some type of computer service that people can call in to use.
  • data compression : Some modems perform data compression, which enables them to send data at faster rates. However, the modem at the receiving end must be able to decompress the data using the same compression technique.
  • flash memory : Some modems come with flash memory rather than conventional ROM, which means that the communications protocols can be easily updated if necessary.
  • Fax capability: Most modern modems are fax modems, which means that they can send and receive faxes.
  • To get the most out of a modem, you should have a communications software package, a program that simplifies the task of transferring data.

    Terjemahnya adalah sbb :
     ) (Mō'dem) (n.) Pendek untuk modulator demodulator-. Modem adalah perangkat atau program yang memungkinkan komputer untuk mengirimkan data melalui, telepon misalnya, atau jalur kabel. Informasi komputer disimpan secara digital, sedangkan informasi yang dikirimkan melalui saluran telepon ditransmisikan dalam bentuk gelombang analog. Modem mengkonversi antara kedua bentuk.Untungnya, ada satu antarmuka standar untuk menghubungkan modem eksternal ke komputer disebut RS-232. Akibatnya, setiap modem eksternal dapat dilampirkan ke setiap komputer yang memiliki port RS-232, yang hampir semua komputer pribadi miliki. Ada juga modem yang datang sebagai papan ekspansi yang dapat Anda masukkan ke dalam slot ekspansi yang kosong. Ini kadang-kadang disebut modem onboard atau internal.Sedangkan interface modem yang standar, sejumlah protokol yang berbeda untuk memformat data yang akan dikirimkan melalui saluran telepon yang ada. Beberapa, seperti CCITT V.34, adalah standar resmi, sementara yang lain telah dikembangkan oleh perusahaan swasta. Kebanyakan modem telah built-in dukungan untuk protokol yang lebih umum - pada transmisi data kecepatan setidaknya lambat, sebagian besar modem bisa berkomunikasi satu sama lain. Pada kecepatan transmisi tinggi, bagaimanapun, protokol kurang standar.Selain dari protokol transmisi yang mereka mendukung, karakteristik berikut membedakan satu dari yang lain modem:bps: Seberapa cepat modem dapat mengirim dan menerima data. Pada tingkat yang lambat, modem diukur dalam hal tingkat baud. Tingkat paling lambat adalah 300 baud (sekitar 25 cps). Pada kecepatan tinggi, modem diukur dalam hal bit per detik (bps). Modem tercepat berjalan pada 57.600 bps, meskipun mereka dapat mencapai lebih tinggi kecepatan transfer data dengan mengompresi data. Jelas, semakin cepat laju transmisi, semakin cepat Anda dapat mengirim dan menerima data. Catatan, bagaimanapun, bahwa Anda tidak dapat menerima data lebih cepat daripada sedang dikirim. Jika, misalnya, perangkat pengirim data ke komputer Anda mengirimnya pada 2.400 bps, Anda harus menerimanya pada 2.400 bps. Itu tidak selalu membayar, karena itu, untuk memiliki modem sangat cepat. Selain itu, beberapa saluran telepon tidak dapat mengirimkan data andal dengan harga yang sangat tinggi.suara / data: Banyak modem mendukung beralih untuk mengubah antara modus suara dan data. Dalam modus data, modem bertindak seperti modem biasa. Dalam modus suara, modem bertindak seperti telepon biasa. Modem yang mendukung saklar suara / data yang memiliki loudspeaker built-in dan mikrofon untuk komunikasi suara.otomatis menjawab: Modem auto-jawaban memungkinkan komputer Anda untuk menerima panggilan tanpa kehadiran anda. Ini hanya diperlukan jika Anda menawarkan beberapa jenis layanan komputer yang orang dapat menelepon untuk digunakan.kompresi data: Beberapa modem melakukan kompresi data, yang memungkinkan mereka untuk mengirim data pada tingkat yang lebih cepat. Namun, modem pada akhir penerima harus mampu untuk dekompresi data menggunakan teknik kompresi yang sama.memori flash: Beberapa modem datang dengan memori flash daripada ROM konvensional, yang berarti bahwa protokol komunikasi dapat dengan mudah diperbarui jika diperlukan.Fax kemampuan: Kebanyakan modem modern fax modem, yang berarti bahwa mereka dapat mengirim dan menerima fax.Untuk mendapatkan hasil maksimal dari modem, Anda harus memiliki paket perangkat lunak komunikasi, sebuah program yang menyederhanakan tugas mentransfer data.

    Sumber :
     http://www.webopedia.com/TERM/M/modem.html

    Apa Itu UKG Online 2012?

    Apa itu UKG Online??? UKG adalah Uji Kompetensi Guru Online 2012 akan mulai dilaksanakan secara bertahap pada akhir Juli 2012 nanti. Dipastikan UKG ini akan terus berlangsung hingga akhir September 2012.

    UKG online sempat ditolak dan dinyatakan sebagai perbuatan ilegal. Sementara beberapa penolakan terhadap keberadaan UKG sudah mulai mengemuka, salah satunya digagas oleh Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). Menurut pihak FSGI bahwa kebijakan UKG yang dikeluarkan pemerintah adalah perbuatan ilegal.

    Meski ada beberapa penolakan dari beberapa organisasi guru terhadap pelaksanaan Uji Kompetensi Guru, tetapi Pemerintah sendiri tetap bersikukuh akan menguji sekitar 1.020.000 guru diseluruh Indonesia dengan tujuan untuk melakukan pemetaan dan korelasi peningkatan mutu setelah para guru tersebut diberikan tunjangan profesi.


    Anda peserta dari UKG Online. ada beberapa point penting yang wajib anda tahu misalnya.

    1. Apakah anda sudah terdaftar di UKG online ?
    2. Sudahkah anda memiliki contoh oal UKG onlne?
    Semoga anda lolos di UKG online ini.
    Terima Kasih

    Pengertian Kurikulum KTSP

    Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kurikulum pada KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selain dari itu, penyusunan KTSP juga harus mengikuti ketentuan lain yang menyangkut kurikulum dalam UU 20/2003 dan PP 19/2005. Panduan yang disusun BSNP terdiri atas dua bagian. Pertama, Panduan Umum yang memuat ketentuan umum pengembangan kurikulum yang dapat diterapkan pada satuan pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang terdapat dalam SI dan SKL.Termasuk dalam ketentuan umum adalah penjabaran amanat dalam UU 20/2003 dan ketentuan PP 19/2005 serta prinsip dan langkah yang harus diacu dalam pengembangan KTSP. Kedua, model KTSP sebagai salah satu contoh hasil akhir pengembangan KTSP dengan mengacu pada SI dan SKL dengan berpedoman pada Panduan Umum yang dikembangkan BSNP. Sebagai model KTSP, tentu tidak dapat mengakomodasi kebutuhan seluruh daerah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan hendaknya digunakan sebagai referensi.
    Panduan pengembangan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk :
    belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
    belajar untuk memahami dan menghayati,
    belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
    belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan
    belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
    A. Landasan
    Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
    Ketentuan dalam UU 20/2003 yang mengatur KTSP, adalah Pasal 1 ayat (19); Pasal 18 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 32 ayat (1), (2), (3); Pasal 35 ayat (2); Pasal 36 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 37 ayat (1), (2), (3); Pasal 38 ayat (1), (2).
    Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
    Ketentuan di dalam PP 19/2005 yang mengatur KTSP, adalah Pasal 1 ayat (5), (13), (14), (15); Pasal 5 ayat (1), (2); Pasal 6 ayat (6); Pasal 7 ayat (1), (2), (3), (4), (5), (6), (7), (8); Pasal 8 ayat (1), (2), (3); Pasal 10 ayat (1), (2), (3); Pasal 11 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 13 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 14 ayat (1), (2), (3); Pasal 16 ayat (1), (2), (3), (4), (5); Pasal 17 ayat (1), (2); Pasal 18 ayat (1), (2), (3); Pasal 20.
    Standar Isi
    SI mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Termasuk dalam SI adalah : kerangka dasar dan struktur kurikulum, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran pada setiap semester dari setiap jenis dan jenjang pendidikan dasar dan menengah. SI ditetapkan dengan Kepmendiknas No. 22 Tahun 2006.
    Standar Kompetensi Lulusan
    SKL merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagaimana yang ditetapkan dengan Kepmendiknas No. 23 Tahun 2006.
    B. Tujuan Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

    Tujuan Panduan Penyusunan KTSP ini untuk menjadi acuan bagi satuan pendidikan SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB, dan SMK/MAK dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum yang akan dilaksanakan pada tingkat satuan pendidikan yang bersangkutan.
    C. Pengertian
    Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
    D. Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
    KTSP dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah. Pengembangan KTSP mengacu pada SI dan SKL dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, serta memperhatikan pertimbangan komite sekolah/madrasah. Penyusunan KTSP untuk pendidikan khusus dikoordinasi dan disupervisi oleh dinas pendidikan provinsi, dan berpedoman pada SI dan SKL serta panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP .
    KTSP dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:
    Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
    Beragam dan terpadu
    Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
    Relevan dengan kebutuhan kehidupan
    Menyeluruh dan berkesinambungan
    Belajar sepanjang hayat
    Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

    Minggu, 21 Oktober 2012

    Beban Belajar dan Ketuntasan Belajar



    Struktur Kurikulum
      Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur. Kompetensi yasng dimaksud terdiri dari Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

    Struktur kurikulum Mata Pelajaran
    1.       Komponen Mata Pelajaran
    Komponen mata pelajaran dikelompokkan sebagai berikut:
    -          Kelompok mata pelajaran agama dan ahklak mulia;
    -          Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
    -          Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
    -          Kelompok mata pelajaran estetika;
    -          Kelompok mata pelajaran kesehatan jasmani, dan olahraga.
    2.       Komponen Muatan Lokal
    3.       Komponen Pengembangan Diri dan Pendidikan Karakter Bangsa.
    Pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum.
    -          Struktur kurikulum SD meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai kelas I sampai dengan kelas VI.
    -          Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.


    Tabel 1 Struktur Kurikulum
    Kompetensi
    Kelas dan Alokasi Waktu
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    A
    Mata Pelajaran







    1. Agama




    TEMATIK
    3
    3
    3

    2. Pendidikan Kewarganegaraan
    2
    2
    2

    3. Bahasa Indonesia
    5
    5
    5

    4. Matematika
    5
    5
    5

    5. Ilmu Pengetahuan Alam
    4
    4
    4

    6. Ilmu Pengetahuan Sosial
    3
    3
    3

    7. Seni Budaya dan Keterampilan
    4
    4
    4

    8. Pendidikan Jasmani, Olahraga
         dan Kesehatan 
    4
    4
    4
    B
    Muatan Lokal







    1. Bahasa Jawa

    TEMATIK
    2
    2
    2

    2. Bahasa Inggris
    2
    2
    2

    3. Pertanian
    2
    2
    2
    C
    Pengembangan Diri
    2*)
    2*)
    2*)
    2*)
    2*)
    2*)

    1. Kepramukaan







    2. Olahraga







    3. Kesenian







    4. Bimbingan dan Konseling






    Jumlah
    30
    31
    34
    36
    36
    36
    Keterangan
    *) ekuivalen 2 jam pembelajaran
    a.       Penambahan jam pelajaran sejumlah 4 jam diperuntukan bagi Kelas IV : Matematika 1 jam, IPS 1 jam, TIK 2 jam. Kelas IV-VI : Bahasa Inggris 2 jam, TIK 2 jam pembelajaran. Alasan penambahan 4 jam adalah karena materi pembelajaran mata pelajaran tersebut sangat banyak, diharapkan dengan penambahan jam tersebut materi pembelajaran dapat terserap semua dan kedalaman materinya benar-benar dapat dikuasai.

    Tabel 2 : Muatan Kurikulum Mata Pelajaran
    Mata Pelajaran Agama Islam
    Tujuan
    Ruang Lingkup
    Metode
    Penilain
    1.   Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan dan pengembangan pengetahuan, penghayatan pengamalan, pembinaan serta pengalaman peserta didik tentang agama islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
    2.   Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi, (tasamuh) menjaga keharomisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah. 
    Ruang lingkup pendidikan agama islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
    1.   Al-Qur’an dan Hadist
    2.   Aqidah
    3.   Akhlak
    4.   Fikih
    5.   Tarikh dan kebudayaan islam


    Pendidikan agama islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya. 
    Diskusi –
    Informasi
    Tanya jawab
    Penugasan
    Demontrasi
    Praktek

    Tes tertulis
    Tes lisan
    Pengamatan
    Unjuk kerja


    Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
    Tujuan
    Ruang Lingkup
    Metode
    Penilain
    Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
    1.   Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
    2.   Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta anti korupsi
    3.   Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
    4.   Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam pencaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
    Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
    1.   Persatuan dan kesatuan bangsa meliputi : hidup rukun dalam perbedaan, cinta lingkungan, kebanggan sebagai bangsa Indonesia. Supah Pemuda, Kedaulatan NKRI, Keterbukaan dan jaminan keadilan.
    2.   Norma hukum dan peraturan dan peraturan meliputi : tertib dalam kehidupan keluarga, tata tertib di sekolah, norma yang berlaku di masyarakat, peraturan-peraturan daerah, norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Sistem hukum dan peradilan nasional, hukum  dan peradilan internasional
    3.   HAM meliputi : Hak dan kewajiban anak, Hak dan kewahiban anggota masyarakat, instrument nasional dan internasional HAM, pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM.
    Diskusi –
    Informasi
    Tanya jawab
    Penugasan
    Kerja Kelompok

    Tes tertulis
    Tes lisan
    Pengamatan
    Unjuk kerja
    Portopilio



    Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
    Tujuan
    Ruang Lingkup
    Metode
    Penilain
    Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
    1.   Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
    2.   Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara
    3.   Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
    4.   Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
    5.   Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
    6.   Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
    Ruang lingkup mata pelajaran bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra uang meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
    1.   Mendengarkan
    2.   Berbicara
    3.   Membaca
    4.   Menulis



    Pada akhir pendidikan di SD, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya sembilan buku sastra dan non sastra. .
    Diskusi –
    Informasi
    Tanya jawab
    Penugasan

    Tes tertulis
    Tes lisan
    Pengamatan
    Portofolio
    Unjuk kerja
    Produk  



    Mata Pelajaran Matematika 
    Tujuan
    Ruang Lingkup
    Metode
    Penilain
    Mata pelajaran matematika  bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
    1.   Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep logaritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat guna, dalam pemecahan masalah.
    2.   Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
    3.   Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
    4.   Mengkomunikasikan gagasan dengan symbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
    5.   Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika, dalam pemecahan masalah.
    Mata pelajaran matematika pada satuan pendidikan SD / MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
    1.   Bilangan
    2.   Geometrid an pengukuran
    3.   Pengolahan data
    Diskusi –
    Informasi
    Tanya jawab
    Penugasan
    Demontrasi
    Praktek

    Tes tertulis
    Tes lisan
    Pengamatan
    Unjuk kerja







    Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam 
    Tujuan
    Ruang Lingkup
    Metode
    Penilain
    Mata pelajaran IPA di SD / MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
    1.   Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam ciptaan-Nya.
    2.   Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
    3.   Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif kan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
    4.   Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
    5.   Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam.
    6.   Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
    7.   Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs  
    Ruang lingkup bahan kajian IPA SD/MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
    1.   Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan, dan interaksinya dengan lingkungan serta kesehatan.
    2.   Benda / materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi : Cair, padat dan gas.
    3.   Energi dan perubahannya meliputi : Gaya, bunyi, panas, magnet, listerik, cahaya, dan pesawat sederhana.
    4.   Bumi dan alam semesta meliputi : tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya.
    Diskusi –
    Informasi
    Tanya jawab
    Penugasan
    Kerja Kelompok

    Tes tertulis
    Tes lisan
    Pengamatan
    Portopilio
    Proyek
    Produk




    Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
    Tujuan
    Ruang Lingkup
    Metode
    Penilain
    Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
    1.   Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
    2.   Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
    3.   Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
    4.   Memiliki kemamapuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional dan global. 
    Ruang lingkup bahan kajian IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
    1.   Manusia, tempat, dan lingkungan
    2.   Waktu, keberlanjutan dan perubahan
    3.   Sistem sosial dan budaya
    4.   Perilaku ekonomi dan kesejahteraan
    Diskusi –
    Informasi
    Tanya jawab
    Penugasan
    Kerja Kelompok

    Tes tertulis
    Tes lisan
    Pengamatan
    Portopilio
    Proyek
    Produk




    Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan.
    Tujuan
    Ruang Lingkup
    Metode
    Penilain
    Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
    1.   Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan
    2.   Menampilkan sikap apresiasi  terhadap seni budaya dan keterampilan.
    3.   Menampilkan kreatifitas melalui seni budaya keterampilan
    4.   Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.

    Mata pelajaran seni budaya dan keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
    1.   Seni rupa mencangkup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak dan sebagainya.
    2.   Seni untuk mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik.
    3.   Seni tari mencakup ketrerampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap seni tari.
    4.   Seni drama, mencakup keterampilan pementasan dengan memadukan seni musik, seni tari, dan peran.
    5.   Keterampilan mencakup segala aspek kecakapan hidup (Life skills) yang meliputi keterampilan personal, keterampilan sosial, keterampilan vokasional, dan keterampilan akademik. Diantara keempat bidang seni yang ditawarkan, minimal diajarkan satu bidang seni sesuai sumber daya manusia serta fasilitas yang tersedia pada sekolah yang mampu menyelenbggarakan pembelajaran lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk memilih bidang yang akan diikutinya. Pada tingkat SD / MI, mata pelajaran keterampilan vokasional, khusus kerajinan tangan.
    Diskusi –
    Informasi
    Tanya jawab
    Penugasan
    Demontrasi
    Praktek

    Tes tertulis
    Tes lisan
    Pengamatan
    Portopilio
    Unjuk Kerja




    Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
    Tujuan
    Ruang Lingkup
    Metode
    Penilain
    Mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
    1.   Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya mengembangkan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalaui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih.
    2.   Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik
    3.   Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
    4.   Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
    5.   Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis.
    6.   Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
    7.   Memahami konsep aktivitas jasmani, dan olahraga dilingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.
    Ruang lingkup mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
    1.   Permainan olahraga meliputi : olahraga tradisional, permainan, eksplorasi gerak, keterampilan kolomotor Nomorn kolomotor, dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola voly, tennis meja, tennis lapangan, bulu tangkis,, danm bela diri, serta aktivitas lainnya.
    2.   Aktivitas pengembangan meliputi : mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk tubuh serta aktivitas lainnya.
    3.   Aktivitas senam meliputi : ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya.
    4.   Aktivitas ritmik meliputi : gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic, serta aktivitas lainnya.
    5.   Aktivitas air meliputi : permainan di air, keselamatan di air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya.
    6.   Pendidikan luar kelas meliputi : piknik/karya wisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah dan mendaki gunung.
    7.   Kesehatan meliputi : penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implicit masuk kedalam semua aspek.

    Diskusi –
    Informasi
    Tanya jawab
    Penugasan
    Demontrasi
    Pratek


    Tes tertulis
    Tes lisan
    Pengamatan
    Unjuk kerja






    B.            Muatan Lokal
    Muatan lokal (pendidikan multi kultur) merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi kearifan lokal dalam upaya hidup bersama dalam keanekaragaman budaya. Suku, agama, dan menanamkan kecintaan peserta didik terhadap lingkungan dan ekosistem sekitar termasuk keunggulan lain sekitar sekolah. Muatan lokal yang dipilih :
    1.       Bahasa Jawa, muatan lokal Propinsi Jawa Tengah
    2.       Bahasa Inggris, muatan lokal Kabupaten Cilacap
    3.       Pertanian, muatan lokal sekolah berupa Pendidikan TIK

    Tabel 3 : Muatan Kurikulum Muatan Lokal
    1.       Muatan Lokal Bahasa Jawa
    Tujuan
    Ruang Lingkup
    Metode
    Penilain
    Tujuan mengembangkan kemampuan beradat budaya Jawa 
    1.   Memupuk kemampuan berbahasa Jawa
    2.   Meningkatkan kepekaan dan penghayatan terhadap karya sastra Jawa
    3.   Melestarikan dan budaya Jawa sebagai salah satu pilar budaya nasional.

    Ruang lingkup bahan kajian muatan lokal meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
    1.   Mendengarkan
    2.   Berbicara
    3.   Membaca
    4.   Menulis

    Diskusi –
    Informasi
    Tanya jawab
    Penugasan
    Demontrasi



    Tes tertulis
    Tes lisan
    Pengamatan
    Portofolio
    Unjuk kerja






    2.       Muatan Lokal Bahasa Inggris
    Tujuan
    Ruang Lingkup
    Metode
    Penilain
    1.   Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiring tindakan (language accompanying action) dalam konteks sekolah.
    2.   Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global

    Ruang lingkup mata pelajaran bahasa Inggris di SD / MI mencakup kemampuan berkomunikasi lisan secara terbatas dalam kontek sekolah, yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
    1.   Mendengarkan
    2.   Berbicara
    3.   Membaca
    4.   Menulis
    Keterampilan menulis membaca diarahkan untuk menunjang pembelajaran komunikasi lisan.

    Diskusi –
    Informasi
    Tanya jawab
    Penugasan
    Demontrasi
    Praktek



    Tes tertulis
    Tes lisan
    Pengamatan
    Proyek
    Unjuk kerja





    3.       Muatan Lokal Pertanian
    Tujuan
    Ruang Lingkup
    Metode
    Penilain
    1.   Memberi bekal pengetahuan kepada siswa sadar dan peduli terhadap lingkungannya.
    2.   Memberi bekal pengetahuan kepada siswa, bahwa usaha pertanian yang didasari pengetahuan dan penggunaan teknologi tepat guna akan dapat meningkatkan taraf hidup.
    3.   Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa dapat mengatasi masalah yang timbul dari lingkungannya, dan berusaha menerapkan teknologi untuk memajukan daerahnya.

    Ruang lingkup bahan kajian muatan lokal pertanian meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
    1.   Budidaya tanaman hias
    2.   Budidaya tanaman pekarangan
    3.   Budidaya tanaman semusim / setahun.
    4.   Pemanfaatan hasil
    5.   Pemasaran

    Diskusi –
    Informasi
    Tanya jawab
    Demontrasi
    Praktek




    Tes tertulis
    Tes lisan
    Pengamatan
    Proyek  
    Unjuk kerja





    C.           Pengembangan Diri
    Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru.Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
    Berdasarkan kondisi objektif sekolah kegiatan pengembangan diri yang dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler adalah;
    Eksatrakurikuler wajib;
    a. Kepramukaan
    b. Pendidikan Komputer

    Ekstrakurikuler pilihan
    c. Kesenian
    d. Olahraga
    Muatan materi Pengembangan Diri di sekolah meliputi program seperti pada tabel 4
    1.       Kepramukaan
    Tujuan
    Ruang Lingkup
    Metode
    Penilain
    Tujuan Ekstrakurikuler kepramukaan di SDN Sidasari 01adalah sebagai berikut :
    1.   Membentuk manusia Indonesia yang berkepribadian baik, berwatak luhur, tinggi mental dan moral, kuat beragamnya, cerdas dan tangkas, sehat jasmani dan rohani
    2.   Membentuk warga Negara yang berpancasila, setia dan patuh pada Negara kesatuan Republik Indonesia, sanggup dan mampu menyelenggarakan pembangunan bangsa dan Negara
    Ruang lingkup pendidikan kepramukaan di SD NEGERI SIDASARI 01 meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
    1.   Sejarah kepramukaan
    2.   AD/ART
    3.   Lambang Pramuka
    4.   Permainan
    5.   Nyanyian
    6.   SKU
    7.   SKK
    8.   Tekpram
    9.   Kecakapan
    10.     Simbul – simbul dalam kepramukaan


    Game
    Curah
    Gagasan
    Ceramah
    Diskusi
    Penugasan
    Tanya jawab
    Penjelajahan
    Kerja Kelompok



    Tes tertulis
    Tes lisan
    Pengamatan
    Unjuk kerja
    Portopolio
    Proyek
    Kuis






    2.       Bimbingan Konseling
    Tujuan
    Ruang Lingkup
    Metode
    Penilain
    Tujuan kegiatan bimbingan dan konseling di SDN Sidasari 01  adalah :
    1.   Membiasakan berperilaku dan bertutur kata yang sopan
    2.   Meningkatkan semangat belajar
    3.   Mengetahui kelemahan dan kekurangannya sehingga dapat dicarikan solusi agar proses dan hasil pembelajaran meningkat
    4.   Menyadari potensi yang ada pada diri siswa sehingga dapat dikembangkan secara optimal.

    Kegiatan bimbingan dan konseling di SDN Sidasari 01 meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
    1.   Bimbingan belajar
    2.   Bimbingan sosial
    3.   Bimbingan Karier


    Wawancara
    Angket
    Pengamatan



    Pengamatan
    Unjuk kerja






    3.       Kesenian
    Tujuan
    Ruang Lingkup
    Metode
    Penilain
    Tujuan Ekstrakurikuler Kesenian di SDN Sidasari 01 bertujuan
    1.   Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya
    2.   Menampilkan kreativitas melalui seni budaya
    3.   Menampilkan peran serta dalam seni budaya

    Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian di SDN Sidasari 01 meliputi aspek - aspek sebagai berikut :
    1.   Seni tari
    2.   Seni Suara
    3.   Seni Baca Puisi
    4.   Seni Lukis dan kaligrafi

    Diskusi –
    Informasi
    Penugasan
    Demontrasi



    Tes tertulis
    Tes lisan
    Pengamatan
    Portofolio
    Unjuk kerja





    4.       Olahraga
    Tujuan
    Ruang Lingkup
    Metode
    Penilain
    Pendidikan Jasmani, olahraga, dan kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
    1.   Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik
    2.   Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
    3.   Mencapai prestasi sesuai kelompok usia pada cabang olahraga tertentu.
    4.   Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama percaya diri dan demokratis

    Ruang lingkup kegiatan Ekstrakurikuler olahraga  di SDN Sidasari 01 meliputi aspek - aspek sebagai berikut :
    1.   Tenis meja
    2.   Sepak Takrow
    3.   Volly Mini
    4.   Catur

    Diskusi –
    Informasi
    Tanya jawab
    Penugasan
    Demontrasi



    Tes tertulis
    Tes lisan
    Pengamatan
    Portofolio
    Unjuk kerja





    Alokasi Waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit.
    Pembelajaran kelas 1,2 dan 3 dengan menggunakan pendekatan tematik
    Pembelajaran kelas 4,5 dan 6 menggunakan pendekatan mata pelajaran